Memaknai Kebangkitan Nasional di Era Kekinian

Kebangkitan Nasional Era Kekinian - Satrio Amrullah

Bagaimana memaknai kebangkitan nasional di era kekinian?

Bagi saya hari kebangkitan nasional jadi momen merefleksikan diri kontribusi apa yang telah saya berikan untuk Indonesia. Hal apa yang bisa saya perbuat untuk bangsa dan negara dimasa mendatang.

Hingga usia seperempat abad lebih belum ada rasanya kontribusi yang dapat dibanggakan. Belum ada karya yang memberikan dampak yang luas bagi masyarakat.

Bila menilik sejarah berdirinya Budi Utomo, Sumpah Pemuda, Peristiwa Rengasdengklok, dll, ingin rasanya ikut terlibat bersama kawan-kawan pemuda ditingkat nasional. Merumuskan agenda besar, beradu argumen, membangun visi dan menciptakan perubahan. Bila perlu hingga sampai pada satu titik lahirnya sejarah baru bangsa ini.

Tapi seringkali saya lupa bahwa sejarah tidak datang dengan sendirinya, sejarah itu dibentuk dan dijemput. Tak ada satu pun peristiwa besar didunia ini yang muncul dengan tiba-tiba, kecuali bahwa ia diraih dan diperjuangkan.

Jadi memaknai hartiknas seharusnya dapat dimulai dari bangkit melawan diri sendiri. Bangkit melawan rasa malas yang menyekat. Bangkit keluar dari zona nyaman yang melenakan, dan bangkit dari perasaan inferior yang terus meneror.

Selamat hari kebangkitan nasional bagi kawan-kawan semua.

Satrio Amrullah

Seorang pemimpi. Laki-laki akhir zaman yang ingin mengubah dunia dengan tangannya

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar