Kita Adalah Generasi Emas Bangsa Indonesia!

Generasi Emas Indonesia 2045

Ada sesuatu yang baru saya sadari belakangan ini, bahwa mungkin Tuhan telah menakdirkan kita terlahir sebagai generasi emas bangsa Indonesia. Ya, kita semua pemuda dan mahasiswa hari ini adalah generasi emas bangsa!


Apa itu generasi emas?

Generasi emas ialah generasi yang kelak memimpin bangsa dan negara ini pada peringatan ke-100 tahun kemerdekaan Indonesia, tepatnya generasi yang kelak memimpin Indonesia pada tahun 2045. Dimasa itu kita yang lahir pada tahun 1990-2000 akan berusia 45-55 tahun. Sebuah usia yang sangat matang baik dari sisi karir, produktifitas, finansial, intelektual, emosional maupun spiritual. Ini adalah usia dimana kita akan mencapai puncak kesuksesan kita masing-masing. Menjadi seseorang, pejabat, pengusaha, pendidik, ilmuwan, tokoh masyarakat atau apapun yang kita cita-citakan dihari ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan salah satu diantara kita kelak akan didaulat dan diberi mandat untuk menjadi seorang pemimpin bangsa.

Sosok Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045 adalah sebuah target prestasi bangsa Indonesia. Titik pembuktian bahwa bangsa ini betul-betul sudah merdeka. Prestasi yang juga merupkan ajang pembuktian bahwa pengorbanan para pejuang ’45 bukanlah sekadar usaha sia-sia. Bangsa ini harus menunjukkan, bahwa selepas kemerdekaannya, kita juga ingin mengusahakan agar seluruh elemen bangsa bergerak maju dan merdeka di seluruh lini dan sektor.

Indonesia kita memiliki mimpi untuk menjadi negara maju dan berdaulat. Sebagaimana yang tertuang dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangun Eknomi Indonesia (MP3EI). Negara kita dicanangkan akan menjadi 12 besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025 dan meningkat menjadi 8 besar pada tahun 2045 [1]. Pada saat itu kita berhasil mengejar ketertinggalan kita hari ini sehingga bisa berdiri sama gagah dengan negara-negara maju dunia. Konon piramida penduduk Indonesia pada saat itu akan menjadi sangat ideal. Penduduk Indonesia mayoritas akan berusia 25-45 tahun, sebuah usia produktif. Indonesia saat itu akan menikmati apa yang disebut jendela demografi. Pendapatan per kapita kita diproyeksikan akan menembus angka 47.000 dollar AS [2], dan prosentase penduduk miskin kita akan berkurang dari 16% pada tahun 2012 turun menjadi 10% pada tahun 2045 [3]. Inilah sosok wajah Indonesia Emas itu.

Peran Kita

Indonesia Emas 2045 harus menjadi spirit dan motivasi kita semua, agar tak terlena pada kondisi nyaman kita yang ada. Terlebih kita selaku pemuda dan mahasiswa. Ditangan kitalah masa depan emas bangsa. Saatnya bagi kita untuk menantang diri kita masing-masing. Ikut serta dalam upaya mendorong dan membawa perubahan iklim positif dilingkungan sekitar kita demi menuju negara Indonesia yang lebih baik. Negeri ini sangat membutuhkan aksi kongkrit, tentu bukan hanya sekedar gerakan parlemen jalanan apalagi opini atau ribuan celoteh kritis yang hanya terhenti di ruang rapat diskusi.

Palu, 28 Mei 2017

(c) Satrio Amrullah

Seorang pemimpi. Laki-laki akhir zaman yang ingin mengubah dunia dengan tangannya

One comment: On Kita Adalah Generasi Emas Bangsa Indonesia!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar