Jangan Sia-siakan 4 Tahun Masa Kuliahmu Untuk Hal Yang Biasa-biasa Saja

Saya punya banyak teman yang punya IPK tinggi-tinggi, rata-rata diatas 3,5. tentu saja itu bagus. Tidak semua orang bisa seperti itu. Tapi jangan sampai berpikir bahwa tujuan berkuliah adalah untuk mengejar IPK. Jangan berpandangan bahwa belajar dan hanya dapat diperoleh dikelas. Ada begitu banyak pelajaran yang bisa kita peroleh di luar jam kuliah.

Ikutlah berlembaga, kamu akan menemukan asyiknya berintaraksi bersama banyak orang, membangun kerjasama tim, bergerak memperjuangkan sesuatu, membuat aksi nyata.

Bertemanlah dengan banyak orang, lintas prodi, lintas jurusan, lintas fakultas atau bahkan lintas almamater. Kamu akan menemumakan indahnya perbedaan, indahnya keragaman. Berkolaborasilah, berbagi informasi dan pengetahuan, saling tolong menolong dalam kesulitan, tentu saja itu semua akan membuat hidupmu menjadi lebih mudah.

Berkunjunglah ke berbagai tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Lihatlah bahwa dunia ini begitu luasnya. Dan kelak kamu akan menyadari bahwa dirimu adalah bagian dari dunia yang luas ini. Kamu tak hidup sendirian, melainkan hidup berdampingan, berbagi tempat dalam sebuah planet bernama Bumi.

Kesadaran ini akan membuatmu ingin memberikan kontribusi, “think globally, act locally.”

Berkuliah sesungguhnya bukan sekedar mencari IPK, melainkan bagaimana mengaktualisasikan diri seluas-luasnya, memaksimalkan seluruh potensi diri yang dimiliki, membentuk pribadi yang tangguh dan berkarakter, sebagai bekal untuk menggapai cita-cita dikemudian hari.

Keluarlah dari kondisi nyamanmu. Buatlah jejak pembeda, antara dirimu dan kebanyakan mahasiswa lainnya. Jangan sampai menyia-nyiakan waktu 4 tahun kuliahmu untuk hal yang biasa-biasa saja. Sebab kamu tak sepadan untuk itu, kamu bisa lebih baik lagi dari dirimu hari ini.

Seorang pemimpi. Laki-laki akhir zaman yang ingin mengubah dunia dengan tangannya

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar