Apa Kabar AnakUntad.com Setelah 3 Tahun Berdiri?

tampilan-anakuntad-com

AnakUntad.com pertama kali landing pada pertengahan Juli 2016. Bila melihat waktu saat ini, artinya  anakUntad.com telah berdiri selama 3 Tahun. Ah, ini waktu yang sangat pas untuk mengevaluasi pencapaiannya.

Pencapaian apa yang telah dicapai anakUntad.com selama 3 tahun berdiri?

 

Para sahabat, izinkan saya untuk berbagi informasi ini

Pertama, tidak bisa dipungkiri anakUntad.com adalah awal dari lahirnya komunitas anakUntad dan Tadulako Menginspirasi. Yang kemudian berkembang dan menelurkan banyak terobosan, gagasan, karya dan inspirasi bagi banyak orang. Tadulako Menginspirasi, WoW, Ekspedisi Tapal Batas, Beasiswa anakUntad, kafe anakUntad dan produk-produk kaos atau merchandise anakUntad barangkali adalah sedikit dari karya-karya yang dihasilkan.

Akan tetapi, fokus tulisan ini bukan terletak pada perkembangan komunitas anakUntad dan gerakannya, melainkan murni sebatas anakUntad.com sebagai citizen kampus, pengabar informasi antar mahasiswa, alumni dan civitas akademika Untad

Let’s go

Pertanyaan pertama, seberapa populerkah anakUntad.com dikalangan mahasiswa atau civitas Untad?

 

Jawabannya, 7 dari 10 mahasiswa yang ditanya secara acak menyebutkan tidak tahu/belum tahu.

Sedikit sangat disayangkan. Ternyata anakUntad.com tidak begitu popular dikalangan sebagian besar mahasiswa Untad.

Tetapi yang menarik adalah, 30% teman-teman yang tahu anakUntad.com adalah mereka-mereka yang aktif didunia kampus, pegiat komunitas/ormawa, para aktivis, pegiat literasi, penulis, pengamat perkembangan kampus serta sebagian dosen dan mahasiswa yang open minded terhadap hal-hal baru. (Meskipun sebagian besar diantaranya baru mengetahui hanya sebatas nama dan aktifitasnya. Belum tergerak untuk mencari tahu lebih lanjut, mengunjungi atau memanfaatkan-nya).

Bagaimana bila di dunia maya? Seberapa populerkah anakUntad.com?

 

Berdasarkan rating Alexa, situs anakUntad.com berada pada urutan 3,8 juta situs terfavorit di dunia, dan urutan 59 ribu situs terfavorit di Indonesia (22 Nov 2016). Rating ini cukup tinggi bila dibandingkan “dengan banyak” situs-situs serupa lainnya atau starup-starup asal Sulawesi tengah. Silahkan cek situs atau starup asal Sulawesi tengah dan bandingakan dengan rating anakUntad.com

rating-alexa-situs-anakuntad-com
Rating anakUntad.com via Alexa.com

Indeks kepuasan pengunjung rata-rata juga memperlihatkan respon yang cukup baik.

indeks-kepuasan-pengunjung-anakuntad-com
Indeks kepuasan pengunjung anakUntad.com via Alexa.com

Indeks bounce rate misalnya, sebanyak 45,10 % pengunjung langsung menutup situs ketika pertama kali membuka. Artinya sebagian besar pengunjung ( sebanyak 54,90 % ) bertahan lebih lama untuk membaca atau melihat isi atau konten tulisan dalam website. Semakin kecil bounce rate dari sebuah situs maka mengindikasikan semakin menarik situs tersebut bagi pengunjung

Indikator lain juga bisa dilihat dari “page view per visitor” yang memperlihatkan rata-rata setiap pengunjung membuka atau membaca 3 sampai 4 halaman (3.5) tulisan dalam website. Maksudnya setiap pengunjung tidak puas hanya membaca 1 artikel saja, melainkan pengunjung cukup penasaran untuk membaca atau membuka artikel lain yang ada di dalam website.

Informasi yang cukup menarik lainnya rata-rata pengunjung menghabiskan waktu lebih dari 16 menit membuka situs anakUntad.com setiap hari. Waktu yang cukup lama bila dibandingkan dengan situs media online lainnya.

Berapakah jumlah pengunjung anakUntad.com setiap harinya?

 

Total pengunjung (orang) tidak bisa diketahui secara pasti, tetapi halaman apa saja yang dibuka setiap hari bisa diketahui. Rata-rata halaman yang dibuka oleh pengunjung berkisar 200-400 laman setiap harinya. Jumlahnya bisa berbeda-beda. Tetapi rata-ratanya dikisaran itu.

unique-visitors-anakuntad-com
Pengunjung unik anakUntad.com via chekwebsiteprice.com

Yang menarik adalah jumlah “unique visitors” atau biasa disebut pengunjung baru. Teknologi mesin pencari bisa mendeteksi berapa banyak IP Adress baru yang membuka website anakUntad.com setiap hari. Data menunjukkan rata-rata pengunjung baru anakUntad.com berjumlah 100 orang.

Artinya apa? Artinya bila ada yang memasang iklan di website anakUntad.com maka iklan itu berpotensi untuk dibaca oleh 100 orang baru setiap hari

Berdasarkan potensi tersebut chekwebsiteprience.com mengkalkulasi potensi iklan di web anakUntad.com bisa mencapai 1$ setiap hari

Sangat disayangkan bila banyak teman-teman mahasiswa tidak menggunakan website ini untuk mengiklankan kegiatan atau produk mereka, padahal sampai hari anakUntad.com masih menerapkan kebijakan iklan sebagai media partner gratis alias tidak berbayar. 

Bagaimana tingkat optimasi mesin pencari (SEO) menemukan artikel yang terdapat di anakUntad.com?

 

Ini pertanyaan yang cukup menarik.

Search Engine Optimization atau disingkat SEO adalah istilah dari sebuah proses atau teknik marketing yang digunakan oleh pemilik website agar mempengaruhi mesin pencari untuk menemukan tulisan atau website miliknya. Istilah sederhananya, “seberapa baik tulisan kamu sehingga mesin pencari akan merekomendasikan tulisanmu masuk di halaman pertamanya?”

Jawaban yang sangat jujur, sampai hari ini anakUntad.com tidak pernah melakukan teknik-teknik SEO. Bahkan istilah itu tidak begitu banyak diketahui oleh kru anakUntad.com itu sendiri.

Menariknya adalah, ternyata cukup banyak artikel di anakUntad.com yang memiliki SEO yang tinggi. Bahkan masuk urutan pertama dikolom pencarian google.

Hari ini ketika teman-teman menuliskan kata kunci “kampus terluas di asia tenggara”, “tips persiapan kkn”, “tips lolos bidikmisi” dan “cerpen aktivis” teman-teman akan mendapatkan artikel anakUntad.com yang berada pada urutan pertama kolom pencarian google.

seo-kampus-terluas-anakuntad-com
artikel kampus terluas di anakUntad.com pada urutan pertama pencarian google
seo-tips-kkn-anakuntad-com
artikel tips kkn anakUntad.com diurutan pertama pencarian google
seo-tips-bidik-misi-anakuntad-com
artikel tips lolos bidik misi di anakUntad.com pada urutan pertama pencarian google
seo-cerpen-aktivis-anakuntad-com
cerpen aktivis di anakUntad.com pada urutan pertama pencarian google

Dan masih banyak artikel lain yang masuk dalam halaman kedua atau ketiga pencarian google. Dengan kata lain, meskipun kru anakUntad.com belum menerapkan stategi SEO pada setiap postingannya, tetapi tingkat SEO website anakUntad.com secara umum sudah sangat baik. Apalagi bila hal ini dikembangkan lebih lanjut.

Pencapaian Terbaik

Namun, dari seluruh pencapaian tadi, barangkali informasi berikut ini adalah pencapaian terbaik anakUntad.com selama 3 tahun berdiri. Apa itu? Yakni bisa memberi manfaat kepada banyak orang.

Adalah Hartono, mahasiswa ilmu sosial dan ilmu politik saat ini tengah menyusun skripsi yang berjudul “Strategi Webmaster Dalam Meningkatkan Trafik Pengunjung Website AnakUntad.com”. Tono adalah mahasiswa pertama yang melakukan penelitian terhadap anakUntad.com sebagai tugas akhirnya guna meraih gelar sarjana.

Jpeg

Sungguh sebuah kebahagiaan dan pencapaian yang tidak terkira rasanya, bilamana dengan hadirnya web anakUntad.com ternyata bisa membantu banyak orang untuk mencari informasi, mengerjakan tugas kuliah, memperoleh inspirasi untuk berkarya atau bahkan menggunakannya sebagai objek untuk meraih gelar sarjana.

Terimakasih

Terimakasih kepada segala pihak yang telah berkontribusi membangun dan mengembangkan anakUntad.com selama 3 tahun ini. Terima kasih kepada para kontibutor yang telah bersedia dengan senang hati membagikan buah pikir dan tulisannya di website anakUntad.com.

Dan terima kasih paling spesial kepada teman-teman kru serta jurnalis anakUntad.com yang sudah memberikan upaya terbaiknya mengelola serta menjalankan anakUntad.com ini dengan baik, sehingga sampai hari ini anakUntad.com masih ada untuk memberi sumbangsihnya bagi dunia.

Planing anakUntad.com kedepan

Terlepas dari berbagai pencapaian tadi, tidak bisa dipungkiri pengelolaan sistem dan manajemen anakUntad.com masih sangat amatir. Kami sebagai pengelola masih sangat awam dan butuh banyak belajar untuk mengaturnya.

Sejauh ini semua berjalan mengalir begitu saja. Belum ada teknik atau strategi yang disusun untuk membawa kearah mana anakUntad.com ini kedepannya. Padahal bila melihat potensi yang dimiliki anakUntad.com pasti akan bisa melesat lebih kencang dari semua pencapaian yang diraih hari ini.

Butuh lebih dari sekedar niat baik, agar mampu memberikan hasil yang terbaik. Melainkan juga, strategi dan perencanaan yang baik

anakUntad.com menuju citizen kampus Terbesar se-Indonesia Timur

Karena itu melalui tulisan ini izinkan kami bermimpi untuk membawa anakUntad.com menjadi citizen jornalism kampus terbesar se-Indonesia Timur.

Kami menyadari mimpi ini tidaklah mudah. Tantangannya sangat banyak. Mulai dari kapasitas SDM pengelola yang sangat kurang, kemampuan dan pengalaman tata kelola yang minim, kurangnya kontibutor, bahkan iklim literasi dilingkungan kita yang bisa disebut sangat tidak mendukung. Jangankan menemukan orang yang punya hobi menulis, menemukan orang yang hobi membaca pun bisa dihitung dengan jari.

Tetapi inilah tantangannya. Tanpa itu semua hidup takkan jadi menarik bukan?

Terima kasih telah membaca tulisan kecil ini, kami sangat mengharapkan masukan dan kritik kawan-kawan yang bersifat membangun.

Kami juga mengajak kepada semua orang segala pihak bila ada yang ingin membantu mewujudkan mimpi ini bersama-sama, mari bergabung bersama kami. Sebab kami percaya ini tidak mungkin bisa diwujudkan seorang diri. Kami membutuhkan banyak orang, banyak tangan, banyak pemikirian untuk terlibat dalam project besar ini. Tetapi rasanya kami juga perlu menyampaikan bahwa pada masa-masa awal membangun ini kami mungkin tak bisa membayar tenaga kawan-kawan dengan materi atau dengan nilai tukar rupiah.

taetapi kami akan membayar dengan mimpi.

Bahwa kelak ketika mimpi ini bisa kita wujudkan bersama-sama, maka masing-masing dari kita akan memetik buahnya bersama-sama pula. Insya Allah Suatu hari nanti

Akhir kata, semoga segala mimpi, harapan dan niat baik kita di ridhai oleh Allah swt.

Terima kasih. Salam

Satrio Amrullah

Seorang pemimpi. Laki-laki akhir zaman yang ingin mengubah dunia dengan tangannya

5 comments: On Apa Kabar AnakUntad.com Setelah 3 Tahun Berdiri?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar