#1 Awal Petualangan Baru

ENJ Sulut 2017 - Satrio Amrullah


Tidak banyak yang bisa diceritakan kecuali hari ini saya sudah berada di kota Manado. Membersamai tim Ekspedisi Nusantara Jaya Sulawesi Utara selama 10 hari kedepan. Tidak terasa, ternyata petualangan baru telah menanti di depan sana


***

Pada awalnya tidak terpikirkan sebenarnya untuk ikut kegiatan ini, karena bila sesuai rencana awal seharusnya saat ini saya tengah berada disuatu tempat di Pulau Jawa. Sehingga ketika informasi pendaftaran ENJ 2017 dibuka saya tidak melakukan pendaftaran. Tapi ternyata Tuhan berkehendak lain. Rencana saya ke pulau Jawa untuk sementara waktu harus tertunda. Dengan tidak adanya aktivitas berarti selama beberapa bulan ini, saya merasa perlu mencari kesibukan lain.

Disaat rasa bosan mulai melanda itulah broadcast pesan WA masuk dihandphone. Mengabarkan telah dibuka kembali penerimaan peserta ENJ pengganti untuk wilayah ekspedisi di provinsi Sulawesi Utara. Tidak menunggu waktu lama untuk berpikir, saya pun ikut melakukan pendaftaran dan alhamdulillah ternyata diterima.

ENJ bagi saya sebenarnya bukan barang baru, sebab sejak tahun 2016 kemarin saya sudah mengertahui kegiatan dari kementrian koordinator bidang kemaritiman ini. Namun dengan berbagai kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan kala itu menjadikan saya urung untuk ikut melakukan pendaftaran. Yah barangkali ini memang waktu yang tepat untuk memulai petualangan baru.

Misi ENJ tidak lain ialah mengadirkan negara melalui peran pemuda dan mahasiswa di pulau-pulau terdepan, terpencil dan daerah perbatasan Indonesia untuk melakukan aksi sosial sesuai kondisi dan persoalan daerah ekspedisi masing-masing. Salah satu pulau tujuan ENJ Sulut kali ini ialah pulau Kahakitang yang terletak di kecamatan Tatoareng, Kab kepulauan Sangihe.

Berdasarkan informasi yang saya himpun, pulau ini merupakan pulau terbesar dalam gugus kecamatan Tatoareng, dimana Kahakitang tidak lain adalah ibukota bagi kecamatan ini. Pulau kahakitang juga termasuk dalam jalur pelayaran Sabuk Nusantara 38.


KM. Sabuk Nusantara 38
Pulau kahakitang di Rute Pelayaran KM. Sabuk Nusantara 38 via enj-maritim.id

Saat ini, 3 Oktober 2017 pukul 15.00 WITA, sesuai agenda kami hari ini adalah persiapan akhir menuju pelayaran pertama ke Pulau Sangihe untuk menghadiri acara pelepasan bersama pejabat kementrian dan bapak Bupati besok pagi. Dengan persiapan cukup matang bersama peserta tim ekspedisi berjumlah 25 orang insya Allah malam ini kami siap berangkat.

Meski bukan pengalama pertama mengikuti kegiatan ekepedisi, namun petualangan kali ini terasa cukup menantang manakala tujuan pulau pengabdian yang akan dituju nanti serba mengalami keterbatasan. Terbatas akan akses listrik, signal dan sumber air. Ah, siapa takut

Petualangan baru akan segera dimulai

Seorang pemimpi. Laki-laki akhir zaman yang ingin mengubah dunia dengan tangannya

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar